YOUTUBER
YouTuber, pembuat konten YouTube, atau penggiat YouTube adalah jenis videografer yang membuat video untuk situs web berbagi video Youtube, kadang-kadang didukung oleh jaringan. Beberapa tokoh YouTube juga memiliki sponsor perusahaan yang membayar untuk penempatan produk dalam klip mereka atau produksi video online.
Nama "YouTuber" mengacu pada individu yang platform utamanya atau satu-satunya adalah saluran YouTube, subhalaman yang dipersonalisasi dari platform berbagi video YouTube.
Nama domain Internet "
www.youtube.com
" diaktifkan pada 14 Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, ketika mereka bekerja untuk PayPal. Saluran YouTube pertama, "Jawed", dibuat pada 23 April 2005 PDT (24 April 2005 UTC) oleh Jawed Karim. Dia mengunggah video YouTube pertama, klip vlog pendek berjudul Me at the zoo, pada hari yang sama. Pada Oktober 2005.YouTube memperkenalkan kemampuan berlangganan ke saluran YouTube. The New York Times mengklaim bahwa sebagian besar video YouTube hingga 2006 terfokus pada berbagai bentuk bakat, mengutip aksi back-flip, sinkronisasi bibir, dan bakat orang lain yang diunggah melalui klip-klip seperti klip dari Saturday Night Live.
Pada Juni 2006, perusahaan-perusahaan Hollywood dan industri musik yang
diakui telah mulai menjalin hubungan bisnis formal dengan bakat YouTube
"buatan sendiri"—yang pertama diyakini sebagai blogger pelawak Brooke "Brookers" Brodack (melalui Carson Daly), kemudian penyanyi Justin Bieber (melalui Usher), dan dokter yang kemudian menjadi satiris politik Bassem Youssef (melalui sebuah jaringan televisi Mesir).
Pada 2007, YouTube memulai "Program Mitra" ("Partner Program"), sebuah
pengaturan pembagian pendapatan iklan yang memungkinkan para YouTuber
menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube.
Pada Oktober 2015, ada lebih dari 17.000 saluran YouTube dengan
lebih dari 100.000 pelanggan, dan hampir 1.500 dengan lebih dari satu
juta. Jumlah ini telah berkembang menjadi hampir 44.000 saluran dengan setidaknya 250.000 pelanggan pada Januari 2019.
Menurut beberapa penelitian, para YouTuber telah menjadi sumber informasi dan hiburan penting bagi generasi milenial. YouTuber yang berpengaruh sering dideskripsikan sebagai mikroselebritas
Karena YouTube secara luas dipahami sebagai platform video media sosial
dari bawah ke atas, mikroselebritas tampaknya tidak terlibat dengan
sistem komersial dan budaya selebritas yang sudah mapan, melainkan
tampak memerintah sendiri dan independen. Penampilan ini, pada
gilirannya, menyebabkan YouTubers dipandang lebih relatable dan otentik, yang juga dipupuk oleh koneksi langsung antara artis dan pemirsa menggunakan media YouTube.
Dalam survei tahun 2014 yang dilakukan oleh University of Southern California
di kalangan anak-anak berusia 13-18 tahun di Amerika Serikat tentang
apakah 10 selebritas YouTube atau 10 selebritas tradisional lebih
berpengaruh, tokoh YouTube mengambil lima tempat teratas, dengan Smosh sebagai selebritas paling berpengaruh. Ketika diulangi pada tahun 2015, survei menemukan enam YouTuber di peringkat pertama, dengan KSI sebagai yang paling berpengaruh.
Beberapa YouTuber terkemuka dan pengaruhnya adalah subjek untuk studi ilmiah, seperti Zoella dan PewDiePie. Karena tingkat pengaruh ini, Robert Hovden berpendapat untuk pembuatan indeks baru yang mirip dengan indeks-g dan indeks-h untuk mengevaluasi keluaran dan dampak seseorang di YouTube.
Keberhasilan video YouTube mereka telah menjadikan para YouTuber target
dari sponsor korporat yang membayar untuk dimasukkan dalam video . Pada 2015, Forbes melaporkan bahwa Felix Kjellberg, yang dikenal di YouTube sebagai PewDiePie, telah menghasilkan $12 juta pada tahun 2014, lebih dari beberapa aktor populer seperti Cameron Diaz atau Gwyneth Paltrow. Pada 2015, NME menyatakan bahwa vlogging telah menjadi bisnis besar. Pada tahun 2018, Walmart, Nordstrom, dan lainnya mencari bintang YouTube sebagai pemengaruh (influencer).
Selain itu, bintang-bintang YouTube telah menyeberang ke platform media
lain termasuk televisi larut malam seperti YouTuber Kanada Lilly Singh, yang menjadi pembawa acara A Little Late with Lilly Singh di NBC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar